Cara Membuat Autorun sederhana pada CD/DVD

Untuk cerita kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat file autorun. Dan jika juga ada yang masih belum tahu apa itu autorun saya juga akan memberi sedikit pengertian tentang apa itu autorun dan kemudian apa fungsinya dan bagaimana cara membuatnya??? Oke dech tanpa basi-basi langsung saja kita mulai tutorial kita kali ini.,

Apa fungsi dari autorun?
Menjalankan atau membuka secara otomatis sebuah file tanpa harus mebukanya terlebih dahulu. Contohnya adalah saat kita menginstal suatu software ataupun sebuah aplikasi pada PC dengan menggunakan CD/DVD maka kita tidak perlu harus membuka isi file karena secara otomatis PC sudah menjalankan program aplikasi yang ada di dalamnya.

Bagaimana cara membuatnya dan apa saja yang diperlukan untuk membuatnya?
Pertama-tama anda buka notepad (jika menggunakan Windows XP klik Start >All programs > Accessories > Notepad). Kemudian tulis [autorun] lalu dibawahnya (enter) anda tulis OPEN = SebuahAplikasi.exe lalu dibawahnya (enter) anda tulis ICON = SebuahIcon.ico. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat contoh gambar di bawah ini.



Kemudian jika sudah save as dengan tipe file-nya adalah all file (bukan text) dan beri nama dengan autorun.inf (ingat nama harus autorun dan extensionnya harus .inf). Lalu copy autorun tersebut ke dalam CD. Jika autorun yang baru anda buat masih belum bisa berjalan,coba cek langkah-langkah saya dari awal dengan lebih teliti. Dan jika masih belum bisa coba cek pada pengaturan windows anda apakah terjadi pemblokiran pada program autorun dengan cara ketik windows > run > ketik service.msc > ok.
Selesei dech dan selamat mencoba.,

Catatan :
  • File autorun.inf ini harus berada pada root pertama pada CD tersebut. Sedangkan file aplikasi yang akan diautorun boleh setara dengannya atau di folder bawahnya.
  • Autorun hanya bisa menjalankan file aplikasi *.exe *.com *.bat *.hta dan sebagainya. Dan pengalaman pribadi saya hanya bisa dijalankan pada OS Windows saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar