Pengertian (sejarah) Blogger (Cerpen)


Blog berasal dari kata Weblog, yang intinya merupakan sebuah halaman web yang berisi catatan dari pemilik web. Catatan-catatan ini memiliki keterangan waktu. Biasanya terdiri atas tanggal, bulan, dan tahun.


Sejarah munculnya weblog dirintis oleh PyraLab dengan membuat Blogger yang merupakan situs internet berisi catatan pribadi serta topik-topik yang dibuat oleh pemiliknya. Tahun demi tahun berganti, situs Weblog pun bermunculan dan mulai memikat penggemarnya. yaitu seperti Blogspot/Blogger, Wordpress, Multiply, Blogdrive, Live Journal My Opera, Facebook, dan lain sebagainya. Sebuah Weblog pun ada juga yang digunakan seseorang untuk mencari penghasilan sampingan hingga ada juga yang dijadikan untuk mata pencaharian sehari-hari.

Weblog tersebut amat populer digunakan karena fasilitas serta kemudahan yang ditawarkan oleh blog gratis tersebut. Disebut Blog gratis karena user/pengguna cukup melakukan pendaftaran pada situs resmi Blog tersebut.Dan selanjutnya user akan langsung dapat menggunakan Blog tersebut. Ada pula versi berbayar, yang berarti adalah kamu harus memiliki sebuah webhosting dan dan Domain sendiri. Dalam versi berbayar, kamu harus melakukan pengisnstalan sebuah software blog tersebut pada webhosting yang kamu miliki. Contoh blog tersebut adalah Wordpress.

Blogger merupakan situs blog milik Google, yang pada awalnya dimiliki oleh PyraLab. baru pada bulan Februari 2003 diakuisisi oleh Google. Sedangkan blog multiply merupakan layanan blog yang juga merupakan situs social network seperti Friendster, Facebook, Twitter, Ghigg, dan lain sebagainya. Berbicara masalah social network, blog juga dapat membangun jejaring sosial (social network). Jaringan sosial dibangun dengan koneksi dari teman kita ke teman kita, dan juga memiliki kaitan yang luas hanya berdasarkan profil pengguna situs tersebut. Artinya, semakin banyak dan berbobot tulisan kamu (setidaknya menarik), maka orang akan banyak berkunjung dan membangun jaringan sosial untuk blog kamu.

Demikian cerpen dari saya, semoga bermanfaat untuk anda semua. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar