Sejarah Komputer (Cerpen)

Untuk kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai "Sejarah komputer". Pada Tahun 1642, Blaise Pascal yang pada waktu itu berumur 18 tahun berhasil menemukan pascaline atau kalkulator roda numerik. Alat ini digunakan untuk membantu ayahnya menghitung pajak.

Seiring dengan perkembangan ilmu matematika dan elektronika, pada tahun 1821 seorang profesor matematika dari negara Inggris bernama Charles Babbage  menemukan sebuah mesin mesin penghitugng yang diberi nama Difference Engine. Mesin ini merupakan cikal bakal munculnya komputer dan merupakan kalkulator otomatis yang pertama yang tercipta di dunia. Berkat penemuannya ini, Charles Babbage kemudian dikenal dengan sebagai bapak komputer dunia.

Pada tahun 1937 manusia telah berhasil mengembangkan teknologi demi teknologi hingga tercipta sebuah komputer elektronik. Selanjutnya pada tahun 1946, Dr. Jhon Mauchly dan  J. Presper Ecket berhasil merakit komputer elektronik digital pertama. Komputer tersebut beratnya mencapai 30 ton dan terdiri dari 18.000 tabung vacum. Komputer ini dikenal sebagai komputer generasi pertama.

Pada tahun 1971, sejalan dengan ditemukannya chip, ukuran komputer menjadi semakin kecil. Dan pada tahun ini pula muncul Personal Computer atau yang biasa kita sebut dengan PC. PC (Personal Computer) adalah komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari baik itu di rumah, di kantor, di sekolah, dan lain-lain.

Demikianlah sejarah dari sebuah komputer sepengetahuan saya. Semoga bermanfaat buat anda..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar