Siapa Pendiri Linux Itu?

Apakah anda kenal dengan Linus Torvalds??? (gak kenal kan, saya sendiri aja juga bingung siapa sich tuh orang hehe.,) Linus dilahirkan di Hesinki, Finlandia pada tanggal 28 Desember 1969. Orang yang disebut sebagai Bapak Linux (Linux Unix) ini, sudah mengenal bahasa pemrograman sejak berusia 10 tahun. Saat itu Beliau sering mengotak-atik komputer milik kakeknya, Commodore VIC-20. Karena hobinya dalam dunia komputing, pada tahun 1988 Linus diterima di University Hesinki. Dan pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemrograman C pertamanaya.

Linus lebih cenderung untun menggunakan Sistem Operasi UNIX seperti yang dipakai komputer milik universtasnya. Akhirnya ia mengganti sistem operasi OpenSource Minix yang berbasiskan UNIX. Adapun Minix ini merupakan sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum (seorang profesor yang menggeluti penelitian Opeating System dari Vrije Universiteit, Belanda). Adapun Minix ini digunakan untuk keperluan pengajaran dan pendidikan.

Namun Linus merasa bahwa Minix masih meiliki banyak kelemahan. Dan mulai saat itu, di usianya yang ke-23, Linus mulai mengutak-atik kernel Minix. Dan beliau mulai mengembangkan sistem yang kompatibel dengan IBM PC. Pada bulan Agustus 1991, Lahirlah Linux 0.01 hasil oprekan Linus, dan pada tanggal 5 Oktober 1991, secara resmi Linus mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler.

Sampai saat ini, Linux dibangun oleh berbagai macam komunitas dan jangan heran apabila banyak sekali distro-distro Linux yang beredar. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratis, dari untuk pemula sampai tingkat lanjut, dan biasanya dengan banyaknya distro Linux yang beredar akan membuat orang awam bingung untuk memilih distro. Bayangkan, ada beratus-ratus distro yang tercipta atau bahkan beribu-ribu. Namun perlahan tapi pasti, diantara distro-distro Linux ini ada yang menyamai (atau bahkan) melebihi kemampuan dari Sistem Operasi raksasa (Microsoft) dan dengan semakin mudahnya dan semakin lengkapnya dukungan Linux pada hardware, besar kemungkinan Linux akan menjadi alternatif (atau bahkan sistem operasi utama di dunia).
Sekian dan terima kasih, wassalam.,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar